Yoh 15:5 Di luar Dia, We are NOTHING

Menempatkan Iman

Barangsiapa tinggal di dalam Aku
dan Aku di dalam dia,
ia berbuah banyak,
sebab di luar Aku
kamu tidak dapat
berbuat apa-apa.
Yohanes 15:5

Di renungan Spirit Motivator ini saya pernah menulis tentang kekuatan The Law of Attraction atau hukum tarik menarik. Apa yang Anda pikirkan atau perkataan akan menarik hal yang sama dalam kehidupan Anda. Apa yang kita pikirkan dan perkataan, baik itu hal positif maupun negatif, maka hal-hal itulah yang akan terjadi dalam hidup kita. Tidak ada yang salah dengan prinsip tersebut, namun jika kita menaruh iman dan keyakinan kita semata-mata kepada kekuatan The Law of Attraction itu, maka kita sama saja mengabaikan kekuatan dan campur tangan Tuhan dalam hidup kita.

Saya juga pernah menulis tentang dahsyatnya potensi manusia. Meski demikian, jika kita semata-mata mengandalkan kekuatan diri kita sendiri, maka kita menjadi orang yang sangat takabur dan naif. Sehebat-hebatnya kita, bisa apa kita tanpa campur tangan Tuhan?

Bukan berarti saya menolak kedua hal tersebut di atas, namun hendaknya iman dan keyakinan kita tidak didasarkan pada hal-hal itu. Iman dan keyakinan kita hendaknya didasarkan pada Tuhan Yesus dan akhirnya Dialah yang membuat segala sesuatu terjadi melalui The Law of Attraction maupun melalui potensi di dalam diri kita yang sedemikian dahsyat.

Mengikuti seminar maupun pelatihan yang membangunkan potensi kita tentu merupakan hal yang positif. Saya sendiri juga sering mengikuti training-training semacam itu. Namun hendaknya kita tetap hati-hati agar jangan sampai iman dan keyakinan kita akan Tuhan mulai bergeser pada hal-hal tersebut. Jangan sampai kita menjadi naif dan merasa diri hebat, bahkan tanpa Tuhan sekalipun. Memang Law of Attraction adalah hukum alam yang telah terbukti kebenarannya, di dalam Amsal 23:7 juga dinyatakan hal yang sama. Namun kita tahu bukankah hukum alam takluk kepada Tuhan? Kita tahu bahwa potensi diri kita memang luar biasa, namun kita juga tahu bahwa tanpa Tuhan kita tidak bisa berbuat apa-apa (Yoh 15:5). Jadi, jangan keliru menempatkan keyakinan! Kwik

RH. Spirit Motivator

Syalom,
SAC~

Comments