Jangan Takut Ditolak

Jangan Takut Ditolak!

Aku ditolak dengan hebat sampai jatuh,
 tetapi TUHAN menolong aku.
Mazmur 118:13


Apakah ada seorang petinju profesional yang takut wajahnya kena pukul lawan? Saya rasa tidak ada! Bagi seorang petinju, meninju atau kena tinju adalah hal yang biasa. Jika dia takut kena tinju, tentu dia tidak akan memutuskan untuk jadi petinju, bukan? Demikian hal yang sama berlaku bagi orang-orang marketing atau penjualan. Kita tidak cocok jadi tenaga marketing kalau kita tidak siap ditolak. Jika kita takut ditolak, maka kita tidak mungkin akan menawarkan, jika kita tidak menawarkan, bagaimana mungkin kita bisa menjual?

Bagi sales sejati, ditolak adalah hal yang biasa dan wajar. Orang yang positif selalu berpikir  bahwa penolakan itu tidak selalu berarti pelanggan tidak suka dengan dirinya. Tidak selalu berarti barang atau jasa yang ditawarkan jelek. Tidak selalu merasa gagal dan tidak cocok menjadi tenaga penjualan. Sales positif selalu berpikir sederhana, kalau ada yang menolak pasti ada juga yang beli. Kalaupun pelanggan tidak membeli mungkin karena saat ini belum membutuhkan, bisa saja di waktu yang akan datang, apa yang kita tawarkan hari ini menjadi kebutuhan baginya. Mungkin juga karena belum tercukupi anggaran. Suatu saat ketika anggaran sudah ada pasti dia akan beli. Mungkin juga karena pelanggan lebih dulu dari orang lain, di lain kesempatan mungkin saja pelanggan tersebut gantian membeli dari kita, dst. Bagi orang-orang yang positif, di dalam penjualan tidak ada istilah penolakan, yang ada hanyalah penundaan.

Intinya, setiap tenaga penjualan harus memiliki mental baja dan berjiwa besar di saat menghadapi penolakan. Penolakan itu biasa, justru menjadi tidak biasa kalau sama sekali tidak pernah di tolak. Bisa jadi itu artinya kita tidak pernah menawarkan. Segala tindakan yang ada di dunia ini mengandung resiko, termasuk resiko ditolak saat menawarkan. Namun itu bukan berarti kita hanya diam saja, bukan? Petinju yang siap bertanding hanya memiliki dua kemungkinan, meninju atau ditinju. Sales yang siap menjual juga memiliki dua kemungkinan juga, deal or no deal! †Kwik

RH. Spirit Motivator
Namun kita juga tidak boleh melupakan ORA ET LABORA. Karena Tuhan pasti akan menolong dan membantu kita. Amin~
Syalom,
SAC~

Comments