Amsal 20:18 Rancangan, Pertimbangan dan Siasat

Art of Selling

Rancangan  terlaksana oleh pertimbangan,
sebab itu berpeganglah dengan siasat.
Amsal 20:18

Van Gogh dan Pablo Picasso, keduanya adalah pelukis terkenal yang lukisannya bisa laku terjual 40-50 milyar. Salah satu lukisan Van Gogh yang berjudul "L;Arlesienne, Madame Ginoux" terakhir bisa laku USD40 juta. Namun seumur hidupnya dia tidak bisa menjual satu lukisan pun. Begitu miskinnya sampai pernah ketika ingin membeli bensin untuk kendaraannya ia harus menukarnya dengan salah satu lukisannya. Kisah cintanya pun sangat tidak bahagia. Ia tidak pernah menikah. Ia pernah menaksir seorang pelacur tapi sang pelacur menolaknya. Lalu Van Gogh mencoba memotong telinganya dan menyerahkan telinga itu kepada pelacur tersebut sebagai tanda cintanya. Sang pelacur justru ketakutan.

Sedangkan Pablo Picasso, karya lukisnya mungkin tidak sebagus Van Gogh, tapi Picasso sangat ahli dalam menjual. Dia sering menggelar pameran di hotel-hotel terkenal dengan mengundang orang-orang terkenal, dokter, pengusaha, dll. Ia mengundang satu per satu tamu untuk melihat lukisannya di tempat eksklusif, lalu berkata kepada tamu istimewa itu, "Bapak adalah dokter bedah pertama yang saya beri kesempatan untuk melihat dan menilai karya seni saya, kira-kira berapa harga lukisan ini yang layak untuk Anda?" Tentu saja orang-orang yang mempunyai status ekonomi dan sosial yang tinggi tersebut akan memberikan nilai yang tinggi terhadap lukisan itu. Karena begitu pandai menjual, akhirnya ia mampu menjadi pelukis terkaya pada saat dia masih hidup.

Ada hal menarik yang bisa kita ambil dari kisah kedua pelukis di atas, yaitu tidak perduli seberapa bagusnya produk Anda, tidak perduli langkah atau strategi ekstrem apa yang Anda lakukan: ' memotong telinga', memotong harga, menampilkan SPG yang cantik-cantik, dsb, bila kita tidak tahu cara menjual, produk bahkan diri kita tidak akan laku. Mari pelajari teknik-teknik "menjual" dengan benar, bukan dengan cara kecurangan atau kelicikan tentunya, tetapi kita berani dan pandai menjual karena apa yang kita tawarkan benar-benar berkualitas dan berguna bagi banyak orang. †Imelda

RH. Spirit Motivator

Syalom,
SAC~

Comments