Renungan Pagi | Pahlawan Yang Sabar - Jevier Justin

Renungan Harian Kristen

Semua orang berkeinginan untuk "merebut kota". Semua orang juga berkeinginan untuk menjadi "pahlawan". Everybody loves heroes. Apalagi setelah menonton beberapa film superheroes.

Intinya semua orang berkeinginan untuk melakukan hal yang kelihatan bagi dunia. Mereka mau "berdampak". Padahal untuk berdampak tidaklah harus "tampak". Bisa saja kita berdampak tanpa harus tampak. Karena jika yang kita lakukan adalah untuk Tuhan. Maka biarlah Tuhan yang melihatnya dan mengupahmu.

Amsal 16:32
Orang yang SABAR melebihi seorang PAHLAWAN, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang MEREBUT KOTA.

Orang yang SABAR adalah orang yang bisa menahan dirinya. Apapun situasinya, orang sabar pasti bisa bersabar. Karena seperti itulah karakternya. Orang yang mood atau kesabarannya bergantung pada kondisi, bukanlah orang sabar. Jika tidak macet, dia happy. Jika macet, dia emosi. Jika kenyang, dia happy. Jika lapar, dia emosi.

Seperti halnya di dalam sebuah peperangan, seorang Pahlawan yang tidak sabar, tidak akan dapat bertahan lama. Pahlawan perang yang tidak sabar dalam menunggu dan tidak mau mengikuti rencana maupun strategi, tidak akan bisa berhasil di dalam peperangan.

Sebaliknya, meskipun hanya seorang prajurit biasa yang bukan pahlawan mau bersabar, ulet dan taat mengikuti semua perintah, plan dan strategi perang dari komandannya, dia akan jauh lebih berhasil dari pahlawan yang tidakk sabar tadi.

Orang yang MENGUASAI DIRINYA adalah orang yang tidak hanya sabar, namun juga bisa menguasai hatinya. Memang dia belum tentu bisa menentukan keadaan disekitarnya, tetapi dia bisa menentukan respon nya.

Walaupun kita sudah baik kepada si A, belum tentu menjadi jaminan si A itu akan baik kepada kita. Bisa jadi malah memfitnah kita. Kita tidak bisa mengatur apa yang mau A lakukan. Tapi kita bisa mengatur respon hati kita.

Semua orang mau menjadi pahlawan yang merebut kota. Namun Firman Tuhan mengatakan, sebelum menjadi PAHLAWAN YANG MENGUASAI KOTA, jadilah "ORANG BIASA YANG MENGUASAI HATIMU". Karena orang yang SABAR melebihi seorang PAHLAWAN dan orang yang dapat MENGUASAI DIRINYA, melebihi orang yang MEREBUT KOTA.

JADILAH PAHLAWAN TUHAN YANG SABAR, YANG MENGUASAI DIRINYA.

Renungan Kristen Hari Ini oleh Jevier Justin


Comments