Renungan Harian | Tergelincir - Jevier Justin

Renungan Harian Kristen


Banyak orang berkeinginan untuk keluar dari kehidupan dosa mereka. Namun banyak yang tidak mengerti bagaimana cara kerja dosa. Dosa itu tidak akan langsung membuat kita terjatuh. Pertama-tama dosa "hanya" terlihat sebagai sesuatu yang tidak berbahaya. Kemudian dosa akan membuatmu tergelincir. Setelah itu barulah kita terjatuh ke dalam dosa.

Mereka mendirikan bukit-bukit pengorbanan untuk Baal di Lembah Ben-Hinom, untuk mempersembahkan anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan mereka kepada molokh sebagai korban dalam api, sekalipun Aku tidak pernah memerintahkannya kepada mereka dan sekalipun hal itu tidak pernah timbul dalam hati-Ku, yakni hal melakukan kejijikan ini, sehingga Yehuda TERGELINCIR KE DALAM DOSA.
Yeremia 32:35

Aku pernah jatuh di lantai depan rumah. Apakah aku tidak tahu bahwa lantai rumahku licin? Jelas tahu, wong aku tinggal di rumah itu sudah bertahun-tahun lamanya. Aku tahu betul bahwa lantai itu licin, apalagi sehabis hujan. Tapi yang aku tidak tahu adalah ternyata lantainya SELICIN ITU.

Tahu sih lantai nya licin. Tapi pasti tidak akan jatuh lah. Kan gue cowo, masa sama lantai licin aja kalah. Kan gue sering lewat sono, pasti ngerti lah "celah"nya. Lantainya juga tidak selicin kelihatannya.

SALAH BESAR! LANTAI ITU SELALU LEBIH LICIN DARI KELIHATANNYA sama seperti DOSA, SELALU LEBIH LICIN DARI KELIHATANNYA. Dan cukup "hanya" dengan tergelincir saja, itu sudah cukup membuat kita terjatuh ke dalamnya.

Semua orang pasti sudah tahu bahwa narkoba, mencuri, korupsi, berbohong dan selingkuh itu adalah dosa. Orang-orang juga pasti dengan akal sehatnya tidak mau jatuh ke dalam dosa itu. Namun beda halnya dengan tergelincir. 

"Ga usah ikut coba, cuma ikut hang out aja sama mereka".
"Kan ini hanya social smokers, kalo ga ngerokok ga keren. Ntar dikira ansos lagi". 
"Aku tahu ini salah, tapi aku janji cuma kali ini aja dan ini adalah yang terakhir. Habis ini pasti aku tobat".
Jika kita pernah mengatakan hal-hal di atas, itu tandanya kita sudah tergelincir.

Cara untuk tidak tergelincir lagi di lantai yang sama adalah PERBAIKI LANTAI NYA. Begitu juga halnya dengan dosa. Apabila kita selalu jatuh di dosa yang sama, cari apa penyebabnya. Apakah terlalu banyak sosmed? Apakah pergaulanmu? Apakah gaya hidupmu? PERBAIKI ITU!

KARNA TIDAK PERLU TERJATUH UNTUK MEMBUATMU BERDOSA.
TERGELINCIR PUN BISA MEMBUAT MU HIDUP DI DALAM DOSA. 

Renungan Harian Kristen oleh Jevier Justin

Comments