[Renungan] Roh Kudus Penolongku

Albert Einstein (ilmuwan) pernah berkata, “Aneh rasanya dikenal sedemikian luas tetapi begitu kesepian.” Einstein merasa sangat kesepian karena ia selalu gagal dalam membina hubungan cinta dengan seseorang.

Kesepian dapat berakibat buruk pada fisik. Sebuah survei melaporkan bahwa lebih dari 50 persen kasus pasien berpenyakit jantung, bersumber dari kesepian dan depresi.

"Roh Kudus adalah Roh Kebenaran, Penolong, Penghibur, dan Penasihat kita."

Kesepian juga memiliki akibat emosional. Sebuah studi menemukan bahwa 80 persen pasien psikiatri mengatakan bahwa mereka mencari pertolongan karena merasa kesepian. Kesepian dapat menyebabkan orang-orang menjadi gelisah, makan berlebihan, mabuk-mabukan, dan menderita insomnia. Di Pusat Pencegahan Bunuh Diri di Los Angeles, California, banyak remaja yang diwawancarai mengaku bahwa percobaan bunuh diri yang mereka lakukan, berawal dari adanya rasa kesepian.


Tidak Sendiri

Tuhan tidak menciptakan kita untuk sendirian, namun untuk memiliki hubungan dengan-Nya dan dengan orang-orang di sekitar kita. Ia menciptakan kita untuk menikmati kehidupan yang penuh daya cipta, menjadi orang yang bertumbuh, dan menikmati kekayaan yang disediakan-Nya. Karena itu, sungguh menyedihkan bila orang merasa kesepian dan gagal memperoleh semua yang Tuhan inginkan untuk mereka peroleh dalam hidup mereka.

1 Korintus 3:16 menulis, “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?”

Mari kita telaah satu per satu. Kata‘bait’ dalam Bahasa Yunani ditulis“Naos” yang artinya tempat berdiam, tempat suci. Dan kata ‘diam’ dalam Bahasa Yunani ditulis “oikeo” yang artinya bersemayam, melekat, hidup bersama-sama.

Dari keterangan ini, kita bisa mendapat pelajaran penting dari Tuhan bahwa kita adalah tempat suci yang dipilih oleh Tuhan untuk menjadi tempat berdiam (rumah) dan bersemayam (memerintah).

Oleh karena itu, sebenarnya kita tidak pernah hidup sendiri. Tidak ada alasan untuk merasa kesepian. Karena Roh Tuhan melekat dan hidup bersama-sama dengan kita. Lalu, seberapa lama Roh Kudus akan menemani kita?


Menyertai Selamanya

Manusia bisa mengecewakan, namun Tuhan tidak pernah ingkar janji.

Yesus berjanji bahwa Roh Kudus yang dikirm-Nya sebagai penolong, akan menyertai kita selamanya. "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong... supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya." (Yohanes 14:16)

Roh Kudus adalah Roh Kebenaran, Penolong, Penghibur, dan Penasihat kita. Ia adalah Sahabat yang terus menemani kita di tengah dunia yang mudah membuat orang merasa kesepian, termasuk mereka yang paling terkenal sekalipun.

Saat ini jika Anda merasa kesepian, sadarilah bahwa Tuhan beserta Anda, di dalam Anda. Jagalah hubungan baik dengan Tuhan, dan bersedia untuk diperintah oleh Tuhan yang sedang hidup bersama dengan kita. Tuhan Yesus memberkati!

Comments