Event - Komunitas Kupang Peduli 'Kita Untuk Mereka'

KOMUNITAS KUPANG PEDULI
Alamat : Kompleks Kantor SINODE GMIT
Jl. S.K. Lerik Kota Baru Kupang (85228) – NTT
(/ Fax.  (0380) 828003 È085238365111
Email : radiogemainti@yahoo.co.id
KUPANG - NTT
----------------------------------------------------------------
Kupang, 24  Oktober 2012

Nomor             : 002/KKP/X/2012
Lampiran         : 1 (satu)
Perihal             : Mohon Bantuan

Kepada Yth.
Bapak/Ibu/Sdr/i
di Tempat

Salam sejahtera,
Dewasa ini permainan game online dan play station lebih mendominasi kegiatan anak – anak dan remaja, mereka lebih memilih kegiatan tersebut dari pada membaca, padahal  kita tahu bahwa Provinsi NTT adalah sebuah Provinsi yang memiliki potensi dalam dunia pendidikan. Maka berawal dari keprihatinan melihat anak – anak kecil yang nyaris tidak pernah membaca buku di luar buku sekolah, maka kami berinisiatif untuk membuka ‘‘TAMAN BACA LOVELY’’ di desa Fatumnasi kabupaten Soe – TTS pada tanggal 26 November 2012, dengan mengumpulkan buku pelajaran dan buku bacaan anak – anak dan remaja yang kemudian kami sajikan secara sederhana dan kreatif.

Untuk maksud itulah, kami selaku Komunitas Kupang Peduli bekerjasama dengan Radio Rhamagong 96,8 Fm dan Radio Suara Kasih 89,3 Fm, akan mengadakan Kegiatan Bakti sosial dalam suatu bentuk program kerja yang tujuannya membangun insan - insan cerdas, bertaqwa, berkepribadian sosial, dan diharapkan nantinya dapat berguna bagi pembangunan masyarakat NTT pada khususnya dan Indonesia pada umumnya, dengan membangun Di lingkungan tersebut.

Untuk membiayai kegiatan Bakti Sosial ini. Dengan permohonan kiranya Bapak/Ibu/Sdra/I  berkenan membantu kami dengan dana atau memberikan sumbangan buku dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Bakti Sosial dimaksud.

Demikianlah permohonan kami yang disampaikan dengan hormat kepada Bapak/Ibu/Sdra/i. Atas perhatian dan kesediaan Bapak/Ibu/Sdra/i membantu kami, diucapkan terimakasih.
Tuhan Memberkati.


Komunitas Kupang Peduli



------------------------------------------------------

PROPOSAL 
BANTUAN BUKU

Kita Untuk Mereka

KERJASAMA


  

Pendahuluan
Ilmu adalah pelita kehidupan. Pepatah ini mungkin ada benarnya. Tanpa ilmu, seseorang akan mengalami kesulitan dalam mengarungi kehidupan di dunia ini. Sekecil apa pun ilmu yang dibutuhkan, tidak dapat dilepaskan. Terlebih-lebih di zaman millenium, yang segala sesuatunya didasarkan pada sains. Maka, ilmu menjadi sesuatu yang wajib dimiliki semua orang.


Salah satu sumber ilmu adalah buku. Ungkapan lama ini masih tetap dapat dipegang kebenarannya, meski saat ini berkembang beragam jenis media untuk mendapatkan pengetahuan (informasi), seperti televisi dan internet. Maka tidaklah salah jika buku tetap menjadi media nomor satu yang dijadikan jendela dunia pengetahuan, dan satu-satunya cara mengetahui isi buku hanya dengan membacanya. 

Namun yang menjadikan kegiatan membaca sebagai hobi hanya dimiliki oleh orang – orang tertentu saja. Bukan dikarenakan tidak adanya minat. Melainkan, seringkali infrastruktur yang kurang lengkap, sehingga membuat aktifitas membaca menjadi terhambat. Salah satu caranya adalah penyediaan sarana perpustakaan atau taman bacaan yang akan menstimulus kebiasaan membaca, karena membaca buku merupakan salah satu aspek penting dalam peningkatan kemampuan literasi seorang individu.

Seperti kita ketahui, di Indonesia menghadapi masalah rendahnya tingkat literasi. Salah satu indikator adalah rendahnya minat baca masyarakat. Hal ini terlihat dari data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (2009). Orang lebih memilih menonton TV (85.9%) dan atau mendengarkan radio (40.3%) daripada membaca koran (23.5%) (www.bps.go.id)

Sadar akan hal ini, Kami Komunitas Kupang Peduli yang bekerjasama dengan Radio Swara Rhamagong  dan Radio Suara Kasih sebagai Radio Partner Di Kota Kupang merasa perlu melakukan sesuatu dalam rangka pengembangan kualitas kepribadian, dan kreatifitas kaum muda yang sarat akan nilai kekeluargaan dan budaya. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, kami mencoba merealisasikanya dalam suatu bentuk program kerja yang tujuannya membangun insan - insan cerdas, bertaqwa, berkepribadian sosial, dan diharapkan nantinya dapat berguna bagi pembangunan masyarakat NTT pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. 

Latar Belakang
Berawal dari keprihatinan melihat anak – anak kecil di desa Fatumnasi kabupaten Soe - TTS yang nyaris tidak pernah membaca buku di luar buku sekolah, maka kami berinisiatif untuk mengumpulkan buku bacaan anak – anak dan remaja yang kemudian kami sajikan secara sederhana dan kreatif.

Dewasa ini permain game online dan play station lebih mendominasi kegiatan anak – anak dan remaja, mereka lebih memilih kegiatan tersebut dari pada membaca, sehingga dengan keberadaan Sanggar baca dan kreatifitas anak ini bisa memberikan nuansa baru dengan berwisata pengetahuan lebih jauh dan bermutu melalui buku dan permainan edukasi baik secara fisik dan intelegensy.

Berorientasi terhadap keadaan sosial masyarakat di desa Fatumnasi yang boleh dibilang belum mampu untuk menempuh pendidikan tinggi dan pola pikir masyarakat yang tidak menganggap penting pengetahuan maka kami menganggap perlu menyajikan menu baru pengetahuan dan mendekatkan masyarakat dengan jendela ilmu berupa buku. Masyarakat perlu diperhatikan dalam hal pengayaan ilmu pengetahuan karena dengan pengetahuan setidaknya masyarakat akan mengerti memahami hal – hal yang selama ini mereka abaikan dan anggap tidak penting menjadi sesuatu yang bisa bermanfaat untuk memperbaiki taraf hidup mereka. Dengan berdasarkan keberadaan rumah baca mandiri ini kami berharap bisa member warna baru dan tambahan pengetahuan di lingkungan masyarakat desa kami yang masih banyak membutuhkan pembinaan disegala bidang. Terutama pada anak – anak dan remaja yang lebih senang bermain HP dari pada membaca, sehingga dengan keberadaan rumah baca ini bisa memberikan nuansa baru dan berwisata pengetahuan lebih jauh dan bermutu melalui buku.

Karena dalam keterbatasan kami dalam menanggung beban dana penyedian buku-buku serta operasional, maka bersama ini dengan hormat mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu/Sdr/i untuk kiranya dapat membantu secara sukarela.

Bentuk Kegiatan
  • Pendirian Taman Bacaan Umum di Fatumnasi dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah / rumah penduduk yang sudah ada.
  • Pengadaan koleksi buku bacaan pelajaran sekolah (SD, SLTP ).
  • Pengelolaan Taman Bacaan, bekerjasama dengan pihak sekolah.
Tujuan Kegiatan
  • Mempermudah anak-anak, remaja mendapatkan buku referensi sekolah.
  • Mendekatkan anak-anak, remaja dengan buku.
  • Memberikan anak-anak, remaja kegiatan bermutu lewat membaca.
  • Meningkatkan kualitas dan kwantitas Taman Baca sehingga bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat khusunya di desa Fatumnasi.
Permohonan Bantuan
Melihat Penjelasan di atas, tentu tidak hanya sikap prihatin saja yang dibutuhkan, tetapi haruslah dijawab dengan langkah yang nyata untuk mewujudkan masyarakat yang gemar membaca. Untuk itu, dengan segelintir orang, saat ini kami sedang merintis sebuah Taman Bacaan untuk anak-anak, remaja hingga dewasa, dengan mengusung visi: Melihat Dunia dengan Membaca.

Koleksi yang kami miliki saat ini sebanyak 100-an buku yang terdiri dari komik, novel, buku agama, pengetahuan umum yang berasal dari dana pribadi. Namun, terkait dengan hal tersebut di atas, saat ini kami masih mempunyai beberapa masalah, diantaranya masalah keuangan pengadaan rak-rak buku pondok baca serta kurangnya bahan koleksi buku untuk rumah baca tersebut. Sehingga melalui proposal ini kami mohon bantuan dana atau koleksi buku, majalah, komik educativ, CD pembelajaran, atau yang lain lain yang sifatnya mendidik bagi masyarakat khalayak umum untuk membantu demi terwujudnya rumah baca tersebut.

Adapun koleksi buku yang kami perlukan (boleh buku Bekas) antara lain :
1.  Buku dan komik edukatif bergambar
2.  Buku Pelajaran SD, SMP
3.  Buku Teknologi tepat
4.  Buku Komputer
5.  Buku Pertanian dan Peternakan
6.  Majalah
7.  Buku Ketrampilan
8.  Atlas
9.  Kamus

Jenis Bantuan
  • Sumbangan Anggota Komunitas Kupang Peduli
  • Sumbangan Masyarakat Umum.
  • Sumbangan Lembaga atau instansi lainnya.
  • Mobilisasi/Transportasi DARI dan KE ( Kupang – Fatumnasi ) Pulang Pergi

Waktu dan Tempat
  • Selasa 27 November 2012 dari Kupang Menuju Lokasi ( Fatumnasi – So’e TTS )
  • Rabu 28 November 2012  Penyerahan pada penanggung jawab di fatumnasi .
Kepengurusan
Kita Untuk Mereka


  

Penutup
Demikianlah proposal ini kami buat dengan sebaik-baiknya, semoga kegiatan ini dapat terlaksana sesuai dengan yang dicita-citakan. Atas segala partisipasi dan bantuan serta dukungan yang diberikan dari semua pihak terkait kami ucapkan terima kasih.

Kontak Person:
Radio Rhamagong 96,8 Fm - Bayu : 081 337 241 787
Radio Suara Kasih 89,3 Fm/ Komunitas Kupang Peduli - Lia : 085 333 811 408

Comments

  1. boleh dapat kontak sama yang punya akun blog?
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete

Post a Comment