Yoh 17:4 Bekerja = Memuliakan Allah Bapa

Mengapa Kita Bekerja?

Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.
Yohanes 17:4


Dave Ulrich dalam bukunya "The Why of Work" mengatakan orang bekerja tidak semata-mata mencari uang. Namun melalui pekerjaannya, orang ingin mencapai makna hidup. Dengan bekerja orang dapat membangun relasi sosial, berkontribusi untuk kehidupan, membuat hidupnya bermakna dan mencapai harapan idealnya. Melalui bekerja orang memiliki kesempatan untuk bertumbuh, mencapai potensi maksimalnya dan memberikan dirinya untuk membangun kehidupan.

Di mata Tuhan, uang juga bukan satu-satunya tujuan kita bekerja. Ada nilai yang lebih tinggi daripada sekedar uang. Sayangnya banyak orang Kristen lebih menempatkan kerja sebagai cara untuk meraih nominal uang lebih banyak/ Alasan klasik yang sering muncul, "Karena dengan bekerja inilah Tuhan memberkati saya." Beberapa orang Kristen juga mengutip ayat firman Tuhan dan berkata, "Kalau saya tidak bekerja, maka saya tidak makan." Tentu saja Motivasi bekerja itu sah-sah saja. Namun alangkah sempitnya pandangan kita jika bekerja hanya diartikan untuk mencari uang atau untuk bisa hidup saja. Ingatlah bahwa sebuah pekerjaan memiliki makna yang jauh lebih dalam dari hanya sekedar itu.

Perhatikan doa Tuhan Yesus, "Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya." Pekerjaan adalah cara untuk memuliakan Bapa. Dengan kata lain, bekerja adalah cara untuk mewujudkan visi Tuhan atas hidup kita. Karena itu, bekerja kadang tidak berorientasi tentang uang melulu. Dengan bekerja, kita dibentuk, didewasakan, hingga pada akhirnya kita terbukti mampu mempermuliakan-Nya dengan bekerja. Bukankah ini salah satu kerinduan terbesar kita sebagai anak-anak-Nya? Tanggapan kita atas semua anugerah-Nya? Temukan bagian kita, dengan bekerja apa dan dengan cara bagaimana Bapa dipermuliakan? Mart

RH. Spirit Motivator

Syalom,
SAC~

Comments