Lukas 12:48 - Banyak diberi banyak dituntut

Tuntutan di Tempat Baru

Setiap orang yang kepadanya banyak diberi,
dari padanya akan banyak dituntut,
dan kepada siapa yang banyak dipercayakan,
dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut."
Lukas 12:48

Proses kepindahan pesepakbola asal Spanyol, Fernando Torres, dari klub Liverpool ke Chelsea tahun 2010 lalu memang sangat mencengangkan. Betapa tidak? Chelsea harus menggelontorkan sebesar 50 juta Poundsterling untuk biaya transfer dan memberi gaji lebih dari 100 ribu Poundsterling setiap pekannya. Di Liverpool, Torres memang sangat memberi kontribusi hebat dengan gol-golnya. Tetapi saat bermain di Chelsea, penampilan Torres masih jauh dari harapan. Meskipun selalu menjadi pemain inti, Torres sangat sedikit mencetak gol, yang mestinya adalah tugasnya sebagai penyerang. Pelatihnya, Carlo Anceloti berusaha membela dengan alasan Torres masih butuh waktu adaptasi. Namun, bagaimanapun semua berpendapat bahwa Chelsea telah melakukan pembelian yang salah.

Berpindah kerja ke perusahaan lain belum tentu bisa dilalui dengan mudah. Pindah kerja pasti akan memberikan risiko-risiko yang tentu harus kita hadapi. Itu sebabnya sebelum kita memutuskan untuk pindah kerja, risiko-risiko berikut harus siap kita hadapi :
  1. Perbedaan kultur perusahaan.
  2. Tantangan pekerjaan yang lebih besar dan lebih berat.
  3. Perbedaan lingkungan kerja, termasuk perbedaan pemilik, manajemen, dan karyawan.
  4. Tuntutan untuk beradaptasi dengan cepat.
  5. Perubahan pola hidup.
  6. Dampak terhadap kehidupan pribadi, termasuk keluarga.
  7. Masa depan perusahaan baru.
Sangat wajar jika perusahaan baru yang kita berharap lebih pada kemampuan kita untuk berkontribusi. Firman Tuhan berkata: "Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut." Lukas 12:48. Karena itulah, kita perlu selalu fokus dan jangan justru merasa terbebani dengan tuntutan itu. Lihatlah setiap tuntutan justru sebagai kesempatan kita mengembangkan kemampuan. Kerahkan kemampuan semaksimal mungkin untuk menunjukkan kita memang layak dipercaya. Sys

RH. Spirit Motivator

Syalom,
SAC~

Comments