1 Raj 12:10 - Kelingkingku > pinggang ayahku

EGO

... beginilah harus kaukatakan
kepada mereka:
Kelingkingku lebih besar
dari pada pinggang ayahku!
1 Raja-raja 12:10

Dalam film Three Kingdom, pasukan Zhao Zilong dari kerajaan Shu kalah dengan pasukan Cao-cao dari kerajaan Wei. Zhao Zilong sebagai panglima legendaris tidak pernah kalah dalam peperangan. Namun dalam peperangan terakhir ia harus menerima nasib tragis. Pasukannya hancur dan bisa dikalahkan. Apa penyebab kekalahan tersebut? Ternyata sahabatnya mengkhianati dan menjual pasukannya kepada musuh, dengan imbalan diangkat jendral di kerajaan Wei. Ego dan mementingkan diri sendiri telah membawa kehancuran bagi pasukan dan kerajaannya.

Rehabeam merasa dirinya lebih besar dan lebih hebat dari Salomo, ayahnya. Bahkan dengan sombongnya dia berkata, "Kelingkingku lebih besar dari pada pinggang ayahku!" (Ayat 10). Untuk mencitrakan dirinya sebagai raja besar yang berwibawa, maka rehabeam tidak pernah mau memenuhi permintaan rakyat supaya pekerjaannya diringankan. Tidak hanya itu, Rehabeam justru menambah beban rakyat dan bertindak makin keras terhadap rakyatnya. "Maka sekarang, ayahku telah membebankan kepada kamu tanggungan berat, tetapi aku akan menambahkan tanggungan kamu; ayahku telah menghajar kamu dengan cambuk, tetapi aku akan menghajar kamu dengan cambuk yang berduri besi." (Ayat 11). Sikap ego yang dimiliki Rehabeam justru membuat Israel terpecah menjadi dua. Ego selalu berakibat fatal.

Ego setitik, merusak suatu bangsa yang besar. Henly Wolmarans, pengarang buku "Yes You Can!" Mengatakan EGO ada akronim dari [E]dging [G]od [O]ut, tidak menyertakan Tuhan. Tuhan tidak ada atau kita paksa keluar dari keputusan yang kita ambil. Kadang, kita merasa benar dengan cara ini karena kita tidak memikirkan dampak jangka panjang dari keputusan kita. Saya yakin Rehabeam tidak pernah berfikir kerajaannya akan pecah. Sebelum nasi jadi bubur, sebelum semua rusak dan menjadi sedemikian sukar diperbaiki, buanglah ego dari hidup kita. Ö†Mart

RH. Spirit Motivator

Syalom,
SAC~

Comments