1 Kor 10:12 - Berhati-hatilah

Mengenali Kelemahan [1]

Sebab itu siapa yang menyangka,
bahwa ia teguh berdiri,
hati-hatilah supaya ia jangan jatuh!
1 Korintus 10:12

Achilles adalah satu mitos Yunani yang sangat terkenal. Achilles adalah seorang pahlawan yang tubuhnya kebal terhadap senjata apapun. Itu terjadi karena konon saat kecil ibunya pernah memandikan Achilles di sungai supaya anaknya terlindungi dari bahaya. Namun ada satu bagian tubuh yang tidak tersentuh oleh air sungai, yaitu tumit sang anak, karena saat memandikannya, ibunya memegangi tumit Achilles. Maka tumit itulah yang menadi kelemahan Achilles. Saat bertempur dalam perang Troya, Achilles tewas karena musunya mengetahui kelemahannya. Mereka memanah tumitnya dengan panah beracun.

Hendaknya setiap kita pun dapat mengenali area-area kelemahan kita. Sehingga kita dapat mengantisipasinya da tak harus mengalami 'kematian' seperti Achilles. Ada beberapa area yang bisa saja menjadi kelemahan kita dalam meraih kesuksesan. Beberapa diantaranya adalah :

Pertama, sikap yang negatif. Robert Half International, sebuah perusahaan konsultan di San Fransisco, pernah meminta kepada para direktur HRD perusahaan terbesar di Amerika untuk memberikan satu alasan mengapa seorang karyawan diberhentikan. Setelah dikumpulkan hasilnya adalah seseorang di PHK karena tidak cakap bekerja, tidak jujur, kurang motivasi, tidak mampu beradaptasi, sikap negatif, tidak bisa atau tidak mau mengikuti instruksi. Lihatlah sebagian besar alasan itu berhubungan dengan sikap seseorang. Sikap kita menentukan apakah kita akan berhasil ataukan kita akan gagal. Jika kita ingin meraih keberhasilan, maka syarat yang paling utama, paling penting dan paling mutlak dipenuhi adalah sikap yang positif. Sebaliknya sikap yang negatif, tidak bisa dipercaya, perkataan yang negatif dan tindakan-tindakan yang negatif membuat kita hancur dan tidak pernah meraih kesuksesan. Melalui tulisan ini semoga kita lebih memperhatikan sikap-sikap kita, bahkan mampu menumbuhkan sikap positif kepada siapapun dan di manapun. Ingat, bersikap positif ibarat mengirimkan undangan kepada kesuksesan agar menghampiri hidup kita. Imelda

RH. Spirit Motivator

Syalom,
SAC~

Comments