Penyertaan Tuhan yang Luar Biasa

Nats : 1 Tawarikh 28:7 Dan Aku akan mengokohkan kerajaannya sampai selama-lamanya, jika ia bertekun melakukan segala perintah dan peraturan-Ku seperti sekarang ini.

.... Memang tidak mudah untuk menjalani setiap langkah di kehidupan kita ini, namun jika kita sungguh-sungguh ingin merasakan janji penyertaan Tuhan yang luar biasa, kita harus bertekun dalam segala Firman-Nya....

Anak    : Pa, aku minta dimodalin usaha donk?
Ayah    : Emang kamu mau usaha apa?
Anak    : Aku mau jualan pa, boleh?
Ayah    : Emang kamu bisa?
Anak    : Bisa Pa!
Ayah    : Butuh modal berapa memangnya?
Anak    : Sekian pa..
Ayah    : Oke, ada syaratnya ya... (begini, begendang, begitu, begono, dll)
Anak    : Hmm.. Oke Pa...
Ayah    : Baik, kalo kamu bisa, papa dukung dan bantu kamu biar usaha kamu kuat!
Anak    : Terimakasih papa :)
Tidak ada orangtua, khususnya seorang AYAH yang tidak perduli dengan anak-anaknya. Walaupun banyak di antara kita yang tidak merasakan kasih sayang seorang ayah, setidaknya satu hal yang kita harus tahu, bahwa sesungguhnya AYAH tidak mau kita menjadi seorang anak yang manja. Walaupun ada yang dengan mudah memberikan, pasti ada syarat-syaratnya setidaknya ada satu hal yang diingatkan kepada kita. Dia juga tidak akan meninggalkan kita begitu saja. Dia tetap mengawasi dan membantu kita untuk memperkuat langkah kita dalam menghadapi apapun yang menjadi masalah di dalam hidup kita.

Gratis telpon 24 jam, bla bla bla… *Sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kita juga sering melihat iklan ini di televisi. Apabila kita ingin menikmati layanan dari pihak penyedia layanan jasa tersebut, maka kita harus mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku juga.

Begitu pula dengan apa yang telah dijanjikan Tuhan kepada Daud, bahwa Dia akan menjaga dan mengokohkan kerajaan Salomo apabila Salomo mampu mengikuti syarat-syarat atau ketentuan yang telah ditentukan oleh Tuhan. Bukan hanya sekedar untuk mampu dan mau, namun lebih dari itu yaitu bertekun dalam menjalani  perintah dan peraturan yang telah dibuat oleh Tuhan.

Kita dapat melihat betapa luar biasanya janji Allah tentang penyertaan bagi orang-orang yang dengan sungguh-sungguh bertekun di dalam setiap perintah-perintah-Nya. Namun, tidak terlepas dari kehidupan manusia yang tidak sempurna dan yang masih bisa melakukan dosa, terkadang kita dapat terjatuh di dalam kesalahan dan melanggar perintah-perintah-Nya. Ketika kita melakukan kesalahan, pasti kita merasakan sesuatu yang berbeda dari diri kita, seperti ada sesuatu yang hilang. Memang tidak mudah untuk menjalani setiap langkah di kehidupan kita ini, namun jika kita sungguh-sungguh ingin merasakan janji penyertaan Tuhan yang luar biasa, kita harus bertekun dalam segala Firman-Nya. Ketika terjatuh, kita jangan terpaku terhadap kejatuhan tersebut, namun kita harus berpikir untuk bangkit kembali dan belajar dan terus belajar lagi agar tidak terjatuh. Janji penyertaan Tuhan bukanlah suatu hal yang murahan. Dia memang selalu ada ketika kita membutuhkan, namun kita juga diharuskan untuk belajar dan bertekun dalam setiap perintah-perintah-Nya.

Baca Firman-Nya, renungkan maksud yang ingin disampaikan kepada kita, ingat apa yang telah disampaikan kepada kita, lakukan di dalam menjalani kehidupan kita dan bertekunlah dalam menjalaninya. Lihatlah janji penyertaan Tuhan yang luar biasa akan terjadi setiap saat. Amin. SAC~

Comments